Institut Musik Arab

Gedung yang aduhai ini resmi dibuka pada tahun 1923 M. oleh Raja Fuad I, salah satu anak Khedive Ismail di masa Mesir masih berbentuk kerajaan.

Di tangan seorang arsitek Italia lahirlah gedung dengan ornamen bercorak khas era Mamluk-Burji.

Kubahnya yang gagah seperti kubah madrasah-madrasah di era Mamluk. Gemulai lengkung 'iwan' di bagian muka. 'Mashrabiya' dengan desain cantik dan cerdik. Ukiran cantik yang membuat mata ini nakal mengikuti liukannya. Belum lagi 'Muqarnas' bak rumah-lebah yang masih perawan; yang sempurna dengan polanya. Semuanya membuat pejalan-yang-lewat sepakat tentang keindahan bangunan di masa-masa Mamluk-Burji.

INSTITUT MUSIK ARAB
Dari rahim institut ini lahir Sang Maestro Mohammad Abd. Wahhab; Pangeran Melodi "Si Bulbul dari Mansurah" Riyad as-Sunbati, Dawai Langit "Bintang dari Timur" Umm Kultsum, dan sederet musikus Arab.

Institut Musik Arab (Oriental) ini sekarang berada di al-Haram dan sudah berganti nama menjadi Akademi Seni; bergabung dengan bidang studi seni-seni yang lain.

Gedung-lawas yang masih tetap saja aduhai nan jelita ini berdiri tepat di samping kantor TE-Data Central Ramses. Ia siap menyapa kawan pejalan yang (memilih) tak tahu jalan pulang.👻
#kupretistducaire

Write a comment