Mengais Fenomena Negeri Seribu Wali I

Banyak sekali fenomena di negera ini yang terdengar aneh di telinga para mahasiswa Indonesia atau bahkan berkebalikan 180 derajat dengan negera kita tercinta, Indonesia.
 

Mendekati hari Idul Adha jalanan di Kairo dan sekitarnya yang biasanya padat berjibun tiba-tiba lengang. Beberapa hari sebelum Hari Kurban, sekolah-sekolah, kantor-kantor, dan pengajian di masjid diliburkan. Ada apa gerangan?
 


Ternyata, fenomena 'mudik' yang biasanya terjadi menjelang Idul Fitri di negara kita digelar sebaliknya di Mesir. Di Mesir Idul Adha merupakan ajang mudik bagi para perantau. Hal itu aku rasakan sekali, karena aku bertempat tinggal di Kairo, Ibu Kota Mesir.
 

Libur Hari Raya Kurban pun lebih panjang dari idul fitri. Libur Idul Fitri hanya 3 hari. H-1, Idul Fitri, dan H+1. Setelah itu, aktivitas kembali seperti semula. Sedangkan Hari Raya Kurban bisa libur hingga semiggu.
 

Kita ingat-ingat masa sekolah kita.. Hari Raya Kurban bahkan seperti hari-hari biasa ketika jatuh pada hari Ahad. Hanya ketambahan sholat dan makan daging.
Perbedaan yang menarik bukan?

Nantikan fenomena selanjutnya.. :)


Write a comment