Gelar Akademik Dosen di Mesir

Ada 5 tingkatan gelar akademik dalam perguruan tinggi di Mesir: معيد (Mu`īd ; setara dengan asisten dosen), مدرس مساعد (Mudarris musā`id; setara dengan asisten dosen-senior), مدرس(Mudarris; setara dengan asisten profesor), أستاذ مساعد('Ustāḏz musā`id; setara dengan kolega profesor), dan أستاذ('Ustāḏz; setara dengan profesor).

Asisten Dosen
ialah mahasiswa fresh-graduate dengan peringkat atas (atau dengan penjaringan melalui selebaran) yang mendapat beasiswa berupa gaji dari institusi pendidikan terkait.

Seorang asisten dosen diharuskan mendapat gelar magisternya dalam jangka waktu minimum 5 tahun semenjak pertama kali mendapat beasiswa. Jika tidak, ia harus meninggalkan institusi tersebut atau dipindahkan ke bagian administratif yang sesuai dengan keahliannya.

Beberapa tugas asisten dosen antara lain:
  1. menyiapkan dan menyampaikan tutorial (pelajaran tambahan) di laboratorium atau semacamnya;
  2. menyiapkan tugas dan persyaratan proyek jangka panjang;
  3. mempersiapkan kuis tutorial dan melakukan pemeriksaan laboratorium; serta
  4. membantu mengawasi proyek kelulusan.
Beberapa institusi memiliki ketentuan masing-masing mengenai tugas asisten dosen.

Asisten Dosen-Senior
Setelah asisten dosen memperoleh gelar magister, ia dipromosikan menjadi asisten dosen senior. Biasanya, tugas tidak berubah, hanya beasiswa (dalam bentuk gaji) yang mengalami kenaikan. Untuk mempertahankan jabatannya, asisten dosen senior harus memperoleh gelar doktor dalam waktu 5 tahun. Jika tidak, ia harus meninggalkan institusi terkait atau dipindahkan ke bagian administratif yang sesuai dengan keahliannya.

Asisten Profesor
Setelah asisten dosen senior memperoleh gelar doktor, ia dipekerjakan sebagai asisten profesor dengan masa jabatan yang ditentukan.

Tugas asisten profesor meliputi: menyampaikan materi kuliah (menjadi dosen), mengawasi proyek-proyek kelulusan, termasuk di dalamnya tesis master dan disertasi doktor.

Di Mesir, asisten profesor ini mendapat gelar Duktûr Jāmi'iy (دكتور جامعي  ) biasa disingkat menjadi (د.  ) di depan nama.

Kolega Profesor*
Setelah setidaknya 5 tahun, asisten profesor dapat mengajukan permohonan untuk promosi ke tingkatan kolega profesor. Keputusan mengenai hal tersebut didasarkan pada kontribusi ilmiah yang ia miliki, berkaitan dengan tesis dan disertasi yang telah melalui pengawasan.

Pada wikipedia berbahasa Arab terdapat keterangan lebih rinci bahwa kolega profesor (أستاذ مساعد;'Ustāḏz musā`id) juga diharuskan telah melakukan riset pada bidang tertentu, mempunyai nilai "lebih" terkait kelimuannya yang tersebar melalui jurnal ilmiah global atau regional, serta memiliki setidaknya 2 karya ilmiah berpredikat baik (jayyid) dari 4 karya ilmiah yang dimiliki.**

Profesor
Setelah setidaknya 5 tahun, kolega profesor dapat mengajukan permohonan untuk promosi ke tingkatan profesor. Keputusan mengenai hal tersebut juga didasarkan pada kontribusi ilmiah dari pemohon, berkaitan dengan tesis dan disertasinya.

Profesor merupakan gelar pendidikan tertinggi. Ia telah melakukan banyak riset di bidang tertentu (maupun di berbagai bidang) yang ia geluti.

Di Mesir, gelar ini biasa disingkat menjadi huruf hamzah dan dal (أ.د.) sebagai kepanjangan dari 'Ustāḏz Duktûr (أستاذ دكتور).[]
-------
*Penerjemahan menyesuaikan diskusi tertanggal 3 Februari 2005 di milis Centre for the Betterment of Education mengenai "associate professor".
**Bersumber dari tata aturan mengenai perolehan gelar yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan Tinggi, Republik Arab Mesir 2008-2011 (masih berlaku sampai awal Maret 2014).

FOTO (dok.pribadi) Salah satu universitas di Mesir: Universitas al-Azhar dan masjidnya.

Notabene:
- Seluruh keterangan yang ada di note ini didasarkan pada penerjemahan dan perbandingan wikipedia berbahasa Arab & Inggris, serta diperkuat dengan link-link sumber yang ditautkan.

- Mengenai penerjemahan asing maupun ketidaksamaan dengan apa yang ada di Indonesia, hal itu sebatas perbedaan istilah yang dipakai dan aturan yang diterapkan. Lebih dari itu, murni kekurangtahuan penulis dalam menerjemah. Masukan dan koreksi dari pembaca sekalian sangatlah berarti.

Sumber:
1. Wikipedia/Arab (klik di sini)
2. Wikipedia/Inggris (klik di sini)
3. Website Kementerian Pendidikan Tinggi Republik Arab Mesir (klik di sini)
4. Milis Centre for the Betterment of Education mengenai "associate professor" 3 Februari 2005 (klik di sini)

Write a comment