Saya tak semiskin itu

Jika di ig saya bercerita bagaimana saya bertemu bapak-tua penjual roti. Saya di sini cerita keteledoran saya yang lain. Heee

jual fuul | wide image
Pengkolan di medan Sinema Kawakib, Al-Darrasa, Kairo.

Di postingan ig saya di bawah sana itu saya tidak bermaksud bercerita bahwa saya tidak punya uang. Saya Alhamdulillah selalu tercukupi selama belajar. Saking cukupnya sampai berburu musa'adah (donasi) yang bertebaran pun tidak begitu menarik bagi saya. Hanya saja pada beberapa kesempatan saya teledor dengan tidak benar-benar menghitung berapa uang yang saya bawa ketika keluar rumah.

Di postingan ini hanya satu dari cerita senada. Yang sempat membuat saya hampir jalan kaki sepanjang jalan Al-Haram ke Metro Giza atau dari Metro Attaba ke rumah adalah usai perjalanan untuk buka bersama dengan kawan-kawan Mesir. 

Waktu itu saya ajak Mamal @dimasakmalfatahillah Eh pas pulang kita berdua pisah. Dia bareng kawan Mesir yang lain. Saya bareng satu yang lain lagi. Pas mau bayar angkot, lah kok ternyata saya cuma bawa receh yang hanya pas bayar angkot.

Saya mau bayar angkot, tapi saya nggak bisa naik Metro. Misal saya dibayarin, misal nih, saya bisa naik Metro ke stasiun Ataba tapi setelahnya jalan kaki. Wah apes!

Alhamdulillah, kawan Mesir ini sepertinya menangkap kepanikan saya buka tas. Angkot dia bayarin. Dia bahkan bertanya, "kamu bisa pulang 'kan? Tahu jalan pulang?" Dia sebenarnya bertanya apakah saya benar-benar tahu jalan. Lah, buka bersama kita saja di Kirdasah yang jauh bukan kepalang tapi saya dan Mamal bisa sampai. Ngangkot! Tenang. Saya tahu jalan. Saya sedikit panik karena rasanya kok saya harus jalan kaki di salah satu rute. Panjang saya membatin. Hahahah

Saya berterima kasih padanya lalu turun lebih dulu di Metro Giza. Beli tiket Metro. Begitu masuk, saya buka-buka lagi tas. Masa iya saya nggak bawa uang? Masa saya jalan kaki ini dari Attaba di malam Ramadan begini? Ternyata ada 2 receh terselip di salah satu kantong tas. Tertutup kertas-kertas. Uang yang sangat pas untuk angkot Attaba - Al-Darrasah.

Terima kasih Tuhan! Hamba yang gagal-zuhud bin teledor mohon ampun. 😂


Write a comment