Masjid Sang Perempuan di Tahta Al-Rab'

Kairo punya banyak sekali masjid. Tak jauh dari gerbang kota tua Bab Zuwayla terdapat masjid Al-Mar'ah, Sang Perempuan.

menara fatimah kairo | wide image
Masjid Al-Mar'ah, Bab Al-Khalq, Kairo.
Masjid Al-Mar’ah (Sang Perempuan) Fatimah Al-Syaqra’ ini terletak di jalan Ahmad Maher, Bab Al-Khalk, tak jauh dari Mudiriyyat Amn Al-Qahirah (Polda Kairo) dan Museum Seni Islami.

Jalan Ahmad Maher yang bisa kita capai dari arah Bab Zuwayla ini dulunya bernama Tahta Al-Rab’. Penamaan ini merujuk pada deretan rumah-susun besar yang dalam bahasa Arab disebut Al-Rab’ (الرَّبع), dengan fatah pada huruf ra.

ahmad maher | wide image
Papan nama jalan.
Rumah-susun ini tentu hari ini sudah tiada. Namun, jika kita telusuri sekarang lokasi rumah-susun yang dibangun oleh sultan era Mamluk di pertengahan abad 13 M bernama Al-Zahir Baybars ini kira-kira memanjang dari Takiyyah Al-Gulshani hingga Darb Al-Madbah, sebuah gang di dekat Polda Kairo. Jumlahnya mencapai 120 rumah. Para penghuninya adalah masyarakat kelas bawah.

Nah, di bawah (Taht) rumah-rumah itu terdapat pasar yang dikenal dengan nama Qaysariyah Al-Fuqara’. Di daerah ini juga pernah ada pasar lain bernama Al-Aqba’iyyin, namanya merujuk pada para pengrajin qubba’ah atau libdah. Penutup kepala semacam peci yang terbuat dari wol.

Umumnya orang terdahulu disebut tak pernah keluar rumah kecuali memakai penutup-kepala. Orang yang berseteru hingga sampai melepas peci lawannya ‘kan bermakna puncak penghinaan. Aib jika sampai peci seseorang terlapas. Guru saya Syekh Jamal Faruq pernah menceritakan hal ini di suatu pengajian saat mengomentari perubahan tradisi.

Penjual Libdah. 1863. Koleksi Ahl Misr Zaman.
Kembali ke asal-usul nama. Bab Al-Khalq dulunya bernama Bab Al-Kharq. Pemerintahan Khedive Ismail memutuskan mengganti nama secara administratif, sesederhana mengganti huruf ra menjadi lam, atas desakan masyarakat yang memandang jelek nama Al-Kharq (lubang, tanah gersang). Sementara makna Al-Khalq (khalayak) dipandang lebih mewakili suasana di sana yang selalu ramai lalu-lalang orang.

Ali Mubarak (w. 1893) sahib kitab raksasa 20 jilid yang merekam tata-kota (topografi) Kairo dan seluruh wilayah di Mesir menyebut, “(masjid itu) hari ini dikenal dengan nama jamik Al-Mar’ah dan Al-Miqasysyat (Arab: sapu). Syiarnya masih tegak. Ia punya menara dan juga masih dibuat khutbah. Di dalamnya terdapat kotak kayu berisi 2 kubur. Di salah satunya tertulis: ini kubur Siti Fatimah, sementara yang lain tiada tulisan apapun.”

Fatimah yang disifati Al-Syaqra’ (berambut pirang) ialah perempuan yang disebut-sebut berdarah Rusia yang mendanai perbaikan masjid di era Utsmani. Saya masih belum menemukan siapa sebenarnya sosoknya. Tapi yang pasti, sejarah masjid ini memanjang, mundur jauh ke belakang karena ia disebut oleh Al-Maqrizi didirikan oleh Rasyiduddin Al-Baha’i di tahun 873 H./1468 M. di era Qaitbay, sultan era Mamluk.

zuwayla | wide image
Bab Zuwayla dari jalan Ahmad Maher (Tahta Al-Rab').
Kira-kira 7 tahun yang lalu saya sempat memotret masjid Al-Mar'ah ini saat pemandangan menaranya dicemari papan calon anggota dewan. Saat itu, kondisi masjid ini pun menyedihkan. Baru pada Mei 2019, kementerian terkait merampungkan restorasinya dan membukanya secara resmi.

Setiap kali lewat daerah ini saya merasa bertemu dengan hari-hari pertama saya di Mesir. Bagi saya daerah ini cukup akrab karena begitu sampai di Kairo dulu (2012) saya tinggal di sana selama hampir 2 tahun bersama paman-paman saya.

Hari-hari ini, jalan Ahmad Maher (Tahta Al-Rab’) pastilah masih ramai dengan toko-toko bibit dan alat pertanian. Sebagian yang lain menjual perkakas berkuda, unta, dan alat panggang daging. Menjelang bulan suci Ramadan seperti ini jalanan akan dipenuhi penjual fanus, lentera khas Mesir untuk memeriahkan malam-malam Ramadan.

Penjual perkakas daging dan alat bakarnya.
Ramadan menjelang. Semoga kita semua senantiasa sehat hingga mampu menjalani ibadah puasa dan menghidupkan malam-malamnya. Sampai jumpa di hikayat penjelajahan yang lainnya![]


Sumber bacaan:
- Al-Khitat Al-Tawfiqiyyah, Ali Mubarak
- Al-Khitat Al-Maqriziyyah, Al-Maqrizi
- Al-Aswaq Al-Misriyyah fi ‘Asri Salatani Al-Mamalik, Qasim Abduh Qasim
- Mawsu’ah Madinat Al-Qahirah fi Alfi ‘Am, Abdurrahman Zaki
- Al-Qahirah Khitatuha wa Tatawwuruha Al-'Umrani
- Website almasalik.net
- Facebook Ahl Misr Zaman



Write a comment